2 February 2016

7 Hal Yang Bisa Kita Dapat di Pesta Buku Bandung


Pesta Buku Bandung! Event yang ditunggu-tunggu  oleh para pecinta buku, yang tua dan yang muda, pelajar dan mahasiswa, karyawan dan ibu rumah tangga, para jomblo atau yang sudah berdua~ Loh?! Gak pandang status atau sejenisnya, semua readers berkumpul disini untuk cuci mata, eh berburu buku murah.

Acara ini diselenggarakan oleh IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia) dan disponsori oleh banyak brand-brand ternama. Meskipun acara ini bertajuk pameran buku, ternyata ada hal lain yang bisa kita dapatkan. Berikut ada 7 hal (versiku) yang bisa kita dapatkan di Pesta Buku Bandung.


1 | Diskon dan Harga Murah

Pesta Buku Bandung adalah tempat yang tepat untuk berburu buku diskon dan buku murah. Buat para booklovers disarankan membuat daftar buku-buku apa saja yang akan dibeli terlebih dahulu. Karena kalau udah di lokasi, biasanya banyak godaan-godaan syaitonirajim yang dengan bebas merayu untuk menghabiskan isi dompet kita. Coba bayangkan, buku-buku resep masakan, buku-buku mewarnai anak, novel-novel terbitan lama, atau buku-buku yang rusak fisiknya, biasanya hanya dijual start from lima ribu rupiah aja. Ini sih seharga minuman botol, malah kadang minuman botol jauh lebih mahal. Selain itu di beberapa stand aku pernah melihat buku-buku yang dibagikan secara gratis, pengunjung bebas mengambil buku apapun yang tersimpan di dalam kardus tersebut.

2 | Tempat Berkumpulnya Para Penerbit

Hampir semua penerbit-penerbit mayor berkumpul di Pesta Buku Bandung. Dari mulai komik, novel, buku-buku pelajaran, sampai kitab-kitab tebal ada disini.
Kalau pada waktu lahirnya IKAPI hanya beranggotakan 13 penerbit, maka jumlah anggota IKAPI kini mencapai ± 650 penerbit yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, IKAPI tetap eksis sebagai satu-satunya organisasi penerbit buku, yang mampu memperjuangkan dan melayani berbagai kepentingan para anggotanya. (Dikutip dari website resmi IKAPI)
3 | Talkshow dan Bedah Buku 

Selain diskon dan harga murah, Pesta Buku Bandung dilengkapi dengan acara talkshow dan bedah buku. Kita bisa bertemu dengan tokoh dan penulis hebat disini. Yang paling utama adalah bisa mendapatkan ilmu gratis, mendengarkan mereka berbagi pengalaman, dan berdiskusi langsung dengan para narasumber. Acara ini juga biasanya menjadi momen yang tepat bagi pemerintah kota untuk mensosialisasikan program-program pemerintah.

4 | Pameran Benda Bersejarah

Pesta Buku Bandung juga dimeriahkan oleh pameran benda bersejarah. Bulan Februari ini, lebih dari 200 benda bersejarah nusantara dipamerkan disini. Cocok bagi yang menyukai sejarah dan benda-benda kuno. Buatku ini cara yang tepat untuk mengenalkan sejarah kepada masyarakat, jadi pameran ini cocok buat orang-orang yang gak pernah menyengaja berwisata museum, seperti aku.

5 | Pentas Seni

Selain dimeriahkan oleh pameran benda bersejarah, Pesta Buku Bandung juga menyuguhkan pertunjukan seni. Dimulai dari tarian tradisional yang dibawakan oleh pelajar-pelajar Bandung, perform grup band lokal, sampai pementasan puisi. Semuanya sudah terjadwal dengan rapi.

6 | Kuliner

Habis muter-muter berburu buku pasti capek kan? Jangan khawatir, kita bisa mencicipi kuliner yang dijual di halaman depan landmark. Meski gak terlalu banyak varian karena tempat yang terbatas, tapi cukup kok untuk sekedar melepas haus dan lapar. Ada yang jual batagor, baso tahu, roti bakar, burger, kebab, jus, dan lain sebagainya. Harganya pun cukup terjangkau.

7 | Sarana Bermain dan Belajar Anak

Biasanya ada juga stand yang menawarkan produk khusus anak-anak. Seperti media pembelajaran interaktif, media menggambar dan mewarnai, atau buku-buku yang bisa mengasah kognitif anak-anakKalau ayah dan bunda membeli disini, ada diskon yang lumayan dibanding membeli di toko-toko buku.

--

Pesta Buku Bandung biasanya digelar selama satu minggu dan dilaksanakan 2-3 kali dalam satu tahun. Lokasinya di Landmark Convention Hall, Jl. Braga No. 129 Bandung. Untuk update informasi, kita bisa follow twitter dan facebook IKAPI Jabar. So, yuk ajak keluarga dan sahabat-sahabat kita mengunjungi event semacam ini!


"So many books,
so little time." --Frank Zappa

4 comments:

  1. Di Malang juga sering ada pesta buku, tapi saya gak punya waktu ke sana. :( 1 jam perjalanan uy kalo naik motor :(

    ReplyDelete
  2. wuihiii kalo ada pameran buku pasti aku nyari buku diskonan terutama komik deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuuu aku juga langsung lirik yang diskonan hihi

      Delete