2 December 2015

Top 3 Muslim's Fanpage Who Inspired Me


Dari semua sosial media yang ada, bagiku facebook masih menempati posisi terbaik sebagai tempat untuk bertukar informasi. Lewat fitur fanpage-nya kita bisa mengikuti informasi orang-orang yang memiliki latar belakang dan profesi berbeda dari berbagai penjuru dunia. Bisa dibilang facebook adalah sarana dakwah yang efektif dan memiliki pengaruh yang besar terhadap penyebaran islam, meskipun owner facebook sendiri bukanlah orang islam.


Untuk fanpage muslim Indonesia, banyak sekali yang aku suka, mungkin aku akan membahasnya lain waktu. Diluar Indonesia, setidaknya ada 3 top muslim's fanpage yang paling sering aku kunjungi. Ketiga muslim's fanpage ini memiliki gaya berbeda dalam hal mengemas dakwah. Tapi bukan soal bagaimana gaya mengemasnya, melainkan isi dari dakwah mereka sendiri. Aku penyuka tulisan tentang self reflection, personal touch, self motivated, dan hal ini aku dapatkan dari tulisan-tulisan mereka.

1 | Yasmin Mogahed

Muslimah Amerika keturunan Mesir ini adalah seorang penulis juga pembicara internasional. Yasmin Mogahed menerima gelar B.S. dalam bidang Psikologi, gelar Master dalam bidang Jurnalisme dan Komunikasi Massa dari Universitas Wisconsin-Madison. Buku karyanya yang berjudul Reclaim Your Heart menjadi best seller di amazon.com untuk kategori buku islam. Bertengger di top 100 sejak 2012 dan mendapat bintang lima dari para pembaca. Bagiku tulisan-tulisannya memberikan perspektif baru tentang cinta, kehilangan, kebahagiaan, dan rasa sakit. Yasmin mengajak kita untuk melindungi harta paling bernilai yaitu; hati. (Fanpage Yasmin Mogahed)

2| Dr. Bilal Philips

Muslim asal Kanada ini memiliki nama lengkap Abu Ameenah Bilal Philips. Dr. Bilal Philips masuk Islam di awal tahun tujuh puluhan setelah melakukan perjalanan politik dan intelektual dari Kristen ke Komunisme. Setelah memutuskan ber-islam, ia memulai perjalanannya untuk mempelajari islam lebih dalam. Perjalanan ini membawanya ke Arab Saudi tempat dimana ia menyelesaikan gelar B.A. dalam bidang Studi Islam di Madinah dan gelar MA dalam bidang Teologi Islam di Riyadh, kemudian ke University of Wales, Inggris, dimana ia menyelesaikan PhD dalam bidang Teologi Islam di awal tahun sembilan puluhan.

Berbeda dengan Yasmin Mogahed, Dr. Bilal Philips membungkus dakwahnya dalam bentuk gambar dan infographic. Tulisan-tulisan singkatnya selalu berhasil di share oleh lebih dari 50.000 pengguna akun facebook. Apa yang ditulisnya sederhana dan sangat dekat dengan kehidupan kita. Selalu mengingatkan tugas seorang manusia terhadap Tuhannya, menyadarkan betapa Allah swt amat dekat dan sangat menyayangi hamba-Nya. (Fanpage Dr. Bilal Philips)

3| Mohammed Zeyara

Berbeda dengan kedua public figure sebelumnya, Mohammed Zeyara dikenal sebagai agen muslim muda yang giat berdakwah melalui youtube. Film-film nya sangat inspiratif dan kaya akan nilai-nilai kebaikan yang diajarkan oleh Al-Quran dan Sunnah. Salah satu video yang aku suka berjudul Where is God? Film tersebut seakan menyindirku kalau sedang dalam keadaan kepepet baru bisa khusyu ingat Allah. Menyadarkanku kalau hanya Allah swt satu-satunya tempat berlindung dan bersandar. Masih banyak lagi karya-karya inspiratif dari Mohammed Zeyara yang berhasil menghipnotis jutaan muslim di dunia. (Fanpage Mohammed Zeyara)

Aku banyak terinspirasi dari karya-karya mereka, kadang apa yang mereka tuliskan selalu pas dengan apa yang sedang aku rasakan. Tapi aku percaya, itu bukanlah sebuah kebetulan melainkan salah satu cara-Nya untuk terus mengingatkan dan menyadarkanku. Mereka juga membuatku merenung: Apa yang sudah aku berikan untuk agamaku, islam?

3 comments:

  1. jadi kepo ma FP mereka. Semoga bisa menginspirasi saya juga. :)

    ReplyDelete
  2. duh aku belum tau, *gak gahool* brb kepo akunnya..

    ReplyDelete