26 September 2015

Mengobati Penyakit Maag Dengan Kacang Hijau

Kalau udah sakit maag rasanya pingin baringan di atas kasur dan gak ngelakuin apa-apa. Duduk salah, tidur salah, apalagi berdiri. Saya pernah hampir satu bulan sekali bolak-balik ke dokter karena penyakit yang satu ini. Kalau dilihat rekap riwayat penyakit di dokter pasti sakitnya itu-itu lagi.

Umumnya, maag disebabkan karena pola makan yang gak teratur. Dan memang benar, itu jadi penyebab utama penyakit maag saya sering kambuh. Aktivitas yang banyak kadang membuat saya lupa makan. Sekalinya makan, langsung makan makanan yang pedas dan berlemak. Sebab lain penyakit maag adalah stress yang berlebihan.


Saya pernah sampai masuk UGD gara-gara maag, karena gas di lambung yang sudah terlalu banyak membuat ulu hati sakit, mual, dan sesak nafas. Alhasil pertamakalinya saya merasakan bagaimana pakai selang tabung oksigen yang dimasukan ke hidung. Kapok, gak lagi-lagi deh. Meski kedengarannya sakit maag itu biasa, tapi kalau dibiarkan bisa merusak lambung.

Karena sudah bosan, saya memutuskan untuk berhenti minum obat-obatan kimia. Saya minta bantuan orang-orang terdekat untuk diingatkan pola makan sehat dan teratur. Selain itu saya berusaha untuk menghindari makanan yang dapat memicu penyakit maag.

Akhirnya, teman Ibu saya merekomendasikan untuk mengkonsumsi kacang hijau. Katanya kalau dikonsumsi secara rutin bisa menyembuhkan penyakit maag. Saya langsung browsing manfaat kacang hijau dan ternyata benar. Kacang hijau mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi seperti protein, vitamin, serat, fosfor, kalsium dan lemak tak jenuh yang tentunya sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Khusus untuk sakit maag, kacang hijau gak diolah menjadi bubur atau olahan kacang hijau pada umumnya. Tapi kacang hijau diolah menjadi seperti bubuk kopi, caranya:
1. Bersihkan kacang hijau
2. Keringkan dengan cara dijemur
3. Sangrai kacang hijau hingga matang
4. Tumbuk hingga halus
5. Ambil satu sendok makan bubuk kacang hijau dan campurkan air hangat
6. Minum tiga kali sehari

Bisa dicampur dengan gula atau madu supaya rasanya gak terlalu aneh. Kalau saya lebih memilih dicampur dengan madu karena madu juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Pengalaman saya rutin minum air seduhan kacang hijau ini selama kurang lebih tiga bulan. Dan alhamdulillah jarang kambuh lagi sampai sekarang.

Ramuan alami dan tradisional cenderung lebih aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Kalau sudah sembuh cukup minum seduhan kacang hijau ini satu minggu sekali. Yang jelas kacang hijau memiliki banyak manfaat seperti melancarkan aliran darah, sebagai anti oksidan, dan meningkatkan sistem kerja syaraf. Selamat mencoba!

4 comments:

  1. aku gak punya magh, tapi aku suka banget kacang ijo.... :)
    bikin kenyang hehhehe tanpa harus makan nasi banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah pengobatan itu saya baru suka kacang hijau, ternyata enak juga hehe :)

      Delete
  2. Thank infox mbk,semoga sy juga bisa sembuh.

    ReplyDelete
  3. Tia itu minumnya sesudah makan apa sebelum makan???

    ReplyDelete