30 July 2015

Dapat Passive Income Dari Nge-blog?


Alasan utamaku membuat blog empat tahun lalu adalah untuk memindahkan tulisan yang aku tulis di buku diary. Saat itu aku tidak peduli ada yang mau baca tulisanku atau tidak. Dan aku tidak pernah mempublikasikan kepada siapapun tentang keberadaan blog ini. Aku masih enjoy mengisi blog dengan curhatan-curhatan tidak penting masa sekolah. Sampai-sampai aku tidak sadar kalau ada saja orang yang diam-diam mengetahui keberadaan blog ini. Semenjak saat itu aku lebih sering mengisi blog dengan artikel dan cerpen.


Sebenarnya aku tidak pernah menjadikan blog sebagai sumber pendapatan utama, apalagi menjadikannya sebagai lahan berbisnis. Tapi dua tahun belakangan ada saja berkah yang aku dapatkan dari ngeblog dari mulai uang sampai traveling gratis. Aku menyebut itu dengan Passive Income. Passive Income adalah pendapatan pasif, yang berarti penghasilan yang kita dapatkan selain dari pekerjaan utama (definisi ini tidak ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia, melainkan ensiklopedia bebas yang aku terjemahkan sendiri).

Waktu itu aku diminta mereview sebuah novel dan tanpa diduga tulisanku dihargai Rp. 100.000,-. Aku masih tidak percaya ketika pertamakali melihat uang tersebut masuk kedalam nomor rekeningku. Senang rasanya memiliki hobi yang dibayar. Ketagihan pasti ada, tapi aku tidak mau menjadikannya sebagai alat untuk memburu rupiah.

Aku hanya ingin menjawab ketika ada beberapa teman yang bertanya, "Gimana caranya?"

Syarat utama tentu harus suka menulis dengan sepenuh hati, maka selanjutnya tinggal rajin cari informasi dan membuka jaringan seluas-luasnya. Yang sudah aku lakukan selama ini hingga akhirnya bisa mendapatkan Passive Income adalah :

1. Job Review
Job adalah pekerjaan, review adalah ulasan. Jadi job review adalah pekerjaan untuk mengulas suatu produk, jasa, artikel atau apapun yang bertujuan memberi informasi sejelas-jelasnya kepada pembaca. Fee dari job review bervariatif dari mulai Rp. 5.000,- sampai tidak terbatas nominalnya tergantung tema dan jumlah karakter yang dibutuhkan.

2. Kirim Tulisan Ke Media Cetak
Banyak media cetak yang mencari para penulis untuk mengisi kolom-kolom tertentu. Seperti kolom cerpen, cerbung, tips, atau tema gado-gado tentang apapun. Aku pernah mengirim cerpen dan mendapat fee yang lumayan, meskipun tidak sebesar fee review pertamaku. Tapi ini bisa menjadi pilihan menyenangkan untuk mendapatkan Passive Income. Hanya kelemahannya tulisan kita bersaing dengan banyak naskah yang masuk dan mau sabar menunggu kabar dari pihak media cetak.

3. Give Away dan Blog Contest
Pilihan ini paling mudah dicari karena hampir setiap bulan ada saja give away atau blog contest yang diselenggarakan. Tapi untuk yang satu ini sesuai keberuntungan dan takdir masing-masing, karena harus bersaing dengan ratusan bahkan mungkin ribuan blogger diluar sana. Passive income yang didapat darisini bisa berupa uang tunai, voucher, barang, atau tiket traveling gratis.

Nah itu sedikit jawaban dari pertanyaan, "Bagaimana caranya dapat passive income dari nge-blog?" Alhamdulillah ada saja berkah yang aku dapatkan dari ngeblog. Meski tidak sering tapi cukup menyenangkan bagi blogger amatir sepertiku. Bisa berkenalan dengan banyak orang dan berbagi pengalaman dengan mereka adalah Passive Income utama yang harus disyukuri. Karena mahal sekali harga sebuah relasi dan pertemanan itu, tidak bisa dibayar dengan uang sebesar apapun.

2 comments: