24 June 2015

Productive Ramadhan

Ramdahan sudah memasuki hari ke-7. Adakah yang sudah khatam tilawahnya? Atau full tarawihnya? Semoga kita selalu mempersembahkan yang terbaik setiap harinya ya. Sedikit tips untuk menciptakan Ramadhan yang produktif. 

1. Make Plan
Membuat rencana Ramadhan selama satu bulan. Ini seharusnya dilakukan jauh-jauh hari sebelum Ramadhan. Tapi tidak ada kata terlambat, kita bisa mengubahnya menjadi rencana harian atau mingguan. Misalnya, setiap hari sebelum tidur kita membuat rencana untuk esok hari. Lebih baik merencanakan lalu gagal daripada gagal berncana. Tapi akan lebih baik lagi merencanakan lalu berhasil bukan?

2. Mengurangi Waktu Tidur
Sebenarnya bukan mengurangi waktu tidur, hanya saja mengganti aktivitas yang biasanya digunakan untuk tidur menjadi ibadah seperti sholat, tilawah, berdzikir, membaca buku, dsb. Ada baiknya berkorban sedikit untuk hal yang satu ini, apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa bangun di malam hari.

3. Shaum Gadget
Ini yang seringkali memakan banyak waktu. Kita harus bisa lebih menahan diri untuk buka bbm, whatsaap, path, instagram, twitter, facebook, dan lain-lain. Sosial media bisa merampas waktu tanpa kita sadari. Selain shaum makan, minum, hawa nafsu, kita mesti belajar shaum gadget juga.

4. Menghidupkan Sunnah
Yang wajib mah sudah pasti harus dikerjakan, yang sunnah ini kadang-kadang terlupakan. Yuk semangat menghidupkan sunnah! Rakaat dhuha dan tahajudnya diperbanyak, rawatib dan tarawihnya jangan ditinggal, buka shaum dengan kurma, membaca Surah Al-Mulk sebelum tidur, dan amalan sunnah lainnya.

5. Asupan Yang Baik
Buat menu sahur yang bervariasi, jangan hanya makan daging-dagingan atau sayur-sayuran saja. Begitu juga dengan menu buka puasa, jangan hanya makan goreng-gorengan dan yang dingin-dingin saja. Boleh saja sesekali asal tidak setiap hari. Selalu sediakan juga buah-buahan dan jangan makan makanan yang terlalu pedas. Menjaga kesehatan selama Ramadhan sangat penting supaya ibadah kita maksimal.

6. Pelajari Lagi Fiqih Shaum dan Menghadiri Majelis
Ada baiknya untuk membaca kembali fiqih shaum, karena bisa saja ada hal-hal yang kita lupa yang berakibat tidak diterimanya ibadah shaum kita. Karena yang terpenting adalah diterima atau tidaknya ibadah kita. Karena ibadah yang sah belum tentu diterima, tapi ibadah yang diterima sudah pasti sah. Menghadiri majelis juga dapat mengupgrade ilmu serta keimanan kita.

7. No Toleransi!
Jangan banyak mentoleransi diri untuk melakukan sesuatu yang banyak merugikan diri. Jangan banyak mengampuni diri untuk menghabiskan waktu dengan sesuatu yang sia-sia. Sangat perlu untuk memberi punishment kalau gagal mencapai target Ramadhan, dan memberi awards kalau berhasil mencapai target Ramadhan.

Ini Producvtive Ramadhan versi saya. Dan teman-teman bisa buat versi masing-masing sesuai kebutuhan. How to make our productive Ramadhan? Jawabannya ada pada diri masing-masing karena setiap orang pasti memiliki aktivitas dan target yang berbeda-beda. Selamat menjalankan ibadah shaum, semoga hari-hari kita selalu semangat dan berkah :)

6 comments:

  1. Aku mengurangi jadwal event event tuh di bulan Ramadhan makk.. Banyak bingits acara deh, pucing paka berbih.. Btw udah ku folbek ya makk.. #31

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bulan Ramadhan suka jadi banyak acara ya hihi

      Delete
  2. shaum gadget agak susah ni mba hihi, TFS ya mba :)

    ReplyDelete
  3. Xixixi. Gak bisa yang gadget nih, Mak ....

    Btw udah follow, ya? 37. Ditunggu follbacknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masih susah buat point yang satu itu
      Oke makasih Mak, udah di follback ya :)

      Delete