12 March 2015

The Wedding Story

Barakallahu laka wa baraka 'alaika wa jama' bainakuma fii khoir..

Menikah bukan hanya tentang perjanjian yang mengguncang arasy. Menikah berarti membangun peradaban, membumikan Al-Quran, menebar hasanah dan sakinah. Ini kesekian kalinya saya menyaksikan pernikahan para penghafal Quran. Tahun lalu, acara itu bertajuk "Pernikahan Berkah" dimana tiga pasang penghafal Quran melakukan ijab qobul secara masal. Dan kali ini masih ditempat yang sama, saya kembali menyaksikan peristiwa hebat itu. Perbedaannya, ini adalah pernikahan putri ulama besar yang juga seorang penghafal Quran. Ghaitsa Zahira Sofa namanya, tapi kami akrab menyebutnya Teh Icha.

Saya tidak pernah membayangkan pernikahan Teh Icha dan Ust. Yusuf akan diberitakan se-fenomenal ini di media. Pasca pernikahan, beranda facebook dipenuhi dengan berita pernikahan Teh Icha dan Ust. Yusuf. Alhamdulillah.. unsur-unsur spiritual yang kental ternyata masih mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat.

Ratusan jamaah antri dipintu masuk resepsi, padahal pengantin belum ada di lokasi. Selama hadir di acara walimah, baru kali ini saya melihat tamu undangan antri seperti antri di pintu masuk kapal ferry ketika musim mudik, penuh sekali. Sesak oleh ratusan manusia. Tepat pukul 10.00 pengantin di arak menuju pelaminan, akhirnya kami membuat pagar pembatas karena tamu undangan cukup sulit dikondisikan sehingga rombongan pengantin tidak bisa lewat. Karena keterbatasan tempat, akhirnya tamu undangan harus bersabar menunggu giliran untuk bersalaman dengan pengantin dan keluarga besar Aa Gym. Ah, luar biasa. Mereka semua rela berdiri demi melihat dua insan penghafal Quran yang baru saja dipersatukan oleh ijab qobul.

Daarut Tauhiid penuh sesak oleh ribuan jamaah, lalu lintas disekitar Jl. Gegerkalong seketika terhenti. Cahaya terpancar dari wajah kedua mempelai. Teh Icha yang terlihat cantik dengan balutan gaun yang di desain oleh kakaknya sendiri, yaitu Ghaida Tsurayya (puteri pertama Aa Gym). Ust. Yusuf yang berdiri disampingnya terlihat berbinar. Subhanallah.. 

Oh ya satu hal yang ingin soroti. Media begitu heboh memberitakan mahar 30 juz. Actually, tasmi 30 juz itu bukanlah mahar, melainkan rangkaian acara walimah dan hadiah dari Ust. Yusuf untuk Teh Icha. Dan tidak ditasmikan sendirian, melainkan oleh beberapa orang hafidz sejak pukul 07.00 pagi di tanggal 6 Maret 2015 sampai pukul 08.00 pagi di tanggal 7 Maret 2015.

Ini suasana pernikahan Teh Icha dan Ust. Yusuf yang saya ambil dari Galeri Fotoku. Photographer yang berkhidmat di Daarut Tauhiid.
Selesai Ijab Qobul

Pengantin menuju pelaminan

Suasana ketika walimah berlangsung
Panitia resepsi tahap satu
Narsis sedikit boleh ya hehe
Gerbang masuk
Reminder
Dekorasi pelaminan
Yang paling menyentuh selain prosesi ijab qobul adalah khutbah nikah dari para ulama. Nasihat-nasihat Aa Gym tentang urgensi menikah. Ustad Miftah Farid membahas pentingnya sholat malam, nasihat Ustad Saiful Islam Mubarok yang paling jleb adalah "Jika kita menjadi wanita pilihan Allah, maka ujiannya pun pilihan", dan Ustad Ahsin memaparkan tentang pentingnya dekat dengan Al-Quran.

Ada perasaan bahagia ketika diberi kesempatan untuk ambil bagian dalam pernikahan ini. Proses yang terbilang cepat dan singkat untuk sebuah acara yang dihadiri oleh ribuan tamu undangan. Masha Allah.. Betapa banyak do'a yang mengalir untuk dua insan penghafal Quran ini. Prosesi ijab qobul diawali dengan tasmi juz 30 berlangsung sangat sakral, do'a-do'a dari para ulama dilantunkan dengan khidmat. Haru dan tangis pecah ketika saksi mengatakan "Sah".
This is Qurani's Wedding. Many ayah, hadis, and quotes that remind us about Quran in this wedding. Masha Allah. Beautiful couple.. inspired, motivated us to recite, memorize, and do the best interaction with Quran. 
Bukan pesta, bukan dekorasi, bukan karena puteri dari seorang ulama besar yang membuat pernikaham ini spesial. Tapi karena Al-Quran. Al-Quran lah yang membuatnya menjadi begitu spesial.

54 comments:

  1. Bagus yahh.. Dengerin suara Ust Yusuf bacain surat Al-Waqiah merduuuu bgt.. :")
    Berita pernikahan islami gini harus lebih tersebar dibanding berita2 ga bermutu yg justru lebih heboh pemberitaan nya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, dengerin tasmi Ust. Yusuf bikin merinding.
      Mudah-mudahan media kita angkat berita2 positif ya Mak :)

      Delete
  2. Pernikahan yang sangat menginspirasi. Makasih artikelnya the Tia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya inspiring sekali. Makasih udah berkunjung Mak Yosi :)

      Delete
  3. Mak...baju panitianya bagus #salahfokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih Mak, yang pakenya juga cantik #eh

      Delete
  4. Tulisan ini bikin saya gerimis. Masya Allah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak, semoga jadi pengingat buat kita ya.

      Delete
  5. Subhanallah..
    Berderai teh melihatnya.
    Semoga Alquran semakin membumi ya. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Subhanallah.. terima kasih sudah berbagi cerita! :)

    ReplyDelete
  7. Subhanallah ..merinding euy bacanya :)

    ReplyDelete
  8. Subhannallah, jadi merinding bacanya. Tfs ya mbak :D

    ReplyDelete
  9. Subhannallah... bikin ngiri ya... diberitakan di tv atau tdk ya mak? kok saya gak pernah dengar atau lihat. baru tahu ini. duh kuper ya.... :D

    ReplyDelete
  10. hadiahnyaaaa... aaaah, sungguh pernikahan yang indah dan penuh berkah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah ya Mak, semoga kelak bisa seperti itu :)

      Delete
  11. saya malah sangat setuju banget kalau berita seperti ini menjadi fenomenal. Sangat jenuh dengan berita yang heboh yang bikin hati lelah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya berita di media agak sedikit berbeda dari kenyataan. Tapi, gak apa-apa, lah. Daripada denger berita yang bikin sakit kepala :)

      Delete
    2. Iya Mak, media kadang dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi. Jadi bingung harus percaya sama media yang mana sekarang itu.

      Delete
  12. Subhanallah.. Tiap kali bacaa berita pernikahan ini saya merinding. Luar biasa sekali ya pernikahan putrinya Aa Gym ini. Sederhana tapi terlihat 'mewah' di hadapan Allah :')

    ReplyDelete
  13. Subhanallah... Indah banget. Barakallah... Jadi pingin.... *eh :)

    ReplyDelete
  14. Waahh sayang kurang nih reportasenya. Ato emang gk boleh ya?

    ReplyDelete
  15. ada video youtubenya gak ya? penasaran banget, pengantin wanitanya anggun sekali, subhanallah.....speechless kalo ngliat berita ini seliweran di sosmed.

    ReplyDelete
  16. Subhanalloh, Mak.
    Buatmu mungkin pernikahan ini biasa, tapi buat kami, ini luar biasa. :)))
    Makasih udah share :)

    ReplyDelete
  17. Subhanalloh, terharu maak. Moga menjadi keluarga yang bahagia dunia akhirat untuk Teh Icha dan Ust.Yusuf

    ReplyDelete
  18. Terharu lihatnya.. Melihat anak-anak Aa' Gym kumpul semua, foto bareng. Saat membaca dibacakan ayat alquran..

    ReplyDelete
  19. Subhanallah... pernikahan yg sangat indah. Dan keduanya penghafal Al-quran, subhanallah...

    ReplyDelete
  20. Barakallah... Saia seneng banget sama berita ini :)

    ReplyDelete
  21. Nuansanya sangat romantis ya Mak. Perpaduan putih dan pink. Semoga barokah :)

    ReplyDelete
  22. Subhanallah... terharu sekali ya, harusnya memang berita seperti ini yang sering ditayangkan.

    Salam kenal mba tia :)

    ReplyDelete
  23. Subhanallah. Terharu. Tfs ya mbak :)

    Barakallah untuk keduanya.

    ReplyDelete
  24. Semoga pernikahan pasangan ini diberkahi Allah SWT

    ReplyDelete
  25. Oohhh mbak nya panitianya toh mbak, mbak baguss bangettt itu semuanya, ada karpet rumput nya, baju2 nya mbak ghaida yaa..

    Kmren liat di ig mbk ghaida suka bener sama dua pengantin yg ini, subhanallah 😊

    ReplyDelete
  26. ahhh cantik bgt pelaminannya, baju pengantinya juga elegan, dan warnanya aku sukaaa ^o^. Lembut banget... Beruntung bgt bisa terlibat lgs mbaa ;)

    ReplyDelete
  27. Tissue donk....baca tulisan ini per kalimatnya sampai gak terasa ada yg beres. ikut bahagia dg walimahan nya Icha dan Ust.Yusuf.

    ReplyDelete
  28. Subhaanallah.. Terharu bacanya Mak. This is the real wedding of the year. Berkahnya bukan cm buat pengantin dan keluarga, tp juga tamu yg datang. Patut ditiru ^_^

    ReplyDelete
  29. Yang seperti ini lebih positif sebetulnya ketimbang siaran langsung pernikahan artis ya mak...
    Salam..

    ReplyDelete
  30. Subhanallah pernikahannya, subhanallah panitianya, subhanallah dekorasinya Mbak Tia...

    ReplyDelete