19 December 2014

Change Name and Theme

Terkadang hanya butuh merubah suasana untuk menyegarkan pikiran. Misalnya dengan merubah posisi meja kerja, mengganti warna cat sebuah ruangan, atau menambahkan aksesoris baru yang menyegarkan mata. Hal-hal ini terbukti mampu membantu mengurangi stress dan menumbuhkan semangat baru. Saya pribadi sih begitu.

Dan hari ini saya memutuskan untuk mengganti nama blog dari Tia's Scrapbook menjadi nama saya sendiri. Sebenarnya tidak ada alasan yang kuat, supaya lebih fresh saja. Hampir tiga tahun membersamai Tia's Scrapbook dengan segala suka duka nya *hihi lebay banget ya :p* Bagaimanapun Tia's Scrapbook sudah memberikan banyak cerita dan warna dalam kehidupan saya. 

Begitupun dengan theme nya. Setelah blogwalking sana sini, saya memilih theme yang simple, sesuai dengan karakter saya yang kalem *masa sih :p* Yang jelas bukan karena itu hehe, pemilihan theme sebuah blog sangat penting untuk meningkatkan performa web itu sendiri. Beberapa kasus yang saya temui, saya pernah mengunjungi sebuah blog dengan judul artikel yang menarik. Tapi karena loadingnya lama banget, jadi saya close blog tersebut (bukan karena provider yang buruk ya, karena saya sambil membuka blog lain dan tidak loading). Sayang banget kan, hanya karena theme yang ga competible tulisan tersebut tidak jadi dibaca. Karena ternyata terlalu banyak fitur dan desain yang 'rame' mempengaruhi loading sebuah web.
Sumber : Google
Beberapa tips memilih theme blog yang SEO friendly :
1. Memilih template yang memiliki performa loading yang cepat. Waktu loading yang cepat ditentukan oleh ukuran file template, biasanya kurang dari 100 KB dan tidak banyak menggunakan Javascript.
2. Memilih template yang memiliki tata letak yang mudah diakses, sehingga memudahkan pengunjung untuk mencari informasi yang diinginkannya. Ada yang posisi menu nya di samping kanan kiri atas bawah, konten nya berantakan, itu membuat pengunjung malas membaca.
3. Memilih template yang memiliki tampilan kombinasi warna desain yang baik. Kombinasi warna yang tepat akan memberikan kenyamanan pengunjung dalam mengakses informasi website. Saya juga pernah menemui blog yang warna nya tidak karuan, yang menyebabkan tidak enak dipandang.

Itu beberapa pengalaman saya selama nge-blog mengenai theme blog. Happy blogging! :)

2 comments:

  1. mmm blog saya terlalu gelap, belum sempat ngutak-ngatik, pengen yg agak kalem juga entah kapan gantinya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang evrinasp.com itu ya Mbak? Gak gelap ko kalau menurut aku hehe.

      Delete