22 October 2014

Jual Beli Dengan Allah

Pembeli adalah raja, ungkapan ini begitu sering terdengar ditelinga. Umumnya, pembeli pasti menginginkan barang dengan kualitas terbaik. Bahkan untuk beberapa orang tak pernah mempermasalahkan soal harga, karena seperti yang kita tahu harga tidak akan pernah menipu. Sedangkan penjual adalah pelayan yang harus melayani pembeli dengan sepenuh hati. Dengan begitu, penjual pasti melakukan bebagai cara untuk menarik perhatian pembeli.

Itulah jual beli antara manusia dengan manusia.. 

Sejatinya, jual beli tak melulu tentang ekonomi dan materi. Tapi lebih dari itu.. Bagaimana jika jual beli terjadi antara hamba dengan Rabb nya? Jual beli yang paling menguntungkan, jual beli yang tak mengenal kata rugi, jual beli yang tak ada permainan politik didalamnya. Dan pembelinya adalah sebaik-baik “Pembeli”.

Ialah jual beli dengan Allah.. Adalah kesombongan jika diri ini tak mau bersusah-susah “menjual” agar layak "dibeli" oleh Allah.

Dalam surat At-Taubah ayat 111 Allah berfirman :
“Sesungguhnya Allah membeli orang-orang mukmin, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang dijalan Allah; sehingga mereka membunuh atau terbunuh, (sebagai janji) yang benar dari Allah didalam Taurat, Injil, dan Al-Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan demikian itulah kemenangan yang agung”. (QS. 9 : 111)
Lalu bagaimana agar menjadi mukmin yang “dibeli” Allah? Di ayat selanjutnya Allah berfirman :
“Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, beribadah memuji (Allah), mengembara (demi ilmu agama), rukuk, sujud, menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang beriman”. (QS. 9 : 112)
Orang-orang Yang Bertaubat
Taubat bukan hanya karena telah melakukan dosa besar. Taubat adalah pekerjaan wajib yang semestinya dilakukan terus-menerus. Karena manusia adalah makhluk yang tak luput dari dosa, setiap hari bahkan setiap detik. Banyaknya ujian dan musibah yang menimpa diri, bisa jadi karena dosa-dosa yang dianggap kecil yang belum ditaubati.

Beribadah Memuji Allah 
Orang-orang yang beribadah memuji Allah, tulus dan ikhlas karena Allah, bukan karena yang lain. Bukan karena ingin dianggap baik oleh makhluk. 

Mengembara Demi Ilmu Agama 
Setiap langkah dan keringat yang menetes, semoga menjadi saksi perjalanan. Perjalanan dalam rangka mencari ilmu Allah, membela agama Allah. Perjalanan yang semoga tak hanya sekedar memberikan ilmu namun juga sebagai penambah keimanan pada-Nya.  

Rukuk dan Sujud 
Orang yang senantiasa rukuk dan sujud. Merendah dihadapan-Nya, berserah dibumi-Nya, dan menjadikan Dia satu-satunya tempat bermuara. 

Amal Ma’ruf Nahi Munkar 
Mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari kemunkaran. Fastabiqul khoirot.. Allah Maha Tahu meski orang lain tidak tahu sekecil apa kebaikan yang kita lakukan. Allah Maha Tahu meski orang lain tidak tahu sekeras apa usaha kita dalam mencegah kemunkaran. Tidak ada yang tertukar, tidak ada yang luput dari pencatatan-Nya. 

Memelihara Hukum-hukum Allah 
Hidup tanpa hukum Allah adalah sebuah kekacauan. Allah ciptakan alam semesta berikut sistem yang mengaturnya. Sistem tersebut kemudian tertulis dalam Al-Quran dan Hadis, sumber dari segala sumber hukum yang  harus kita jalani dan taati. Semoga kita mampu memelihara hukum Allah dari berbagai macam penolakan. Baik penolakan yang dilakukan oleh diri (nafsu) atau penolakan yang dilakukan oleh musuh-musuh Allah.


Itulah kriteria orang-orang yang akan dibeli oleh Allah. Tugas kita sekarang adalah terus memantaskan diri agar menjadi "barang yang layak dibeli".

Begitu hinanya diri menginginkan surga namun tak pernah sungguh-sungguh meraihnya. Padahal surga tak bisa dibeli dengan biasa-biasa saja. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya selain Allah? Lewat ayat ini Allah mengingatkan betapa tidak akan merugi orang-orang yang mau bersungguh-sungguh menjadi orang beriman.

Inilah jual beli yang paling menguntungkan. Jual beli dengan Allah.. Lalu, adakah yang tak mau menjadi mukmin yang dibeli Allah? :)

#TadaburAyat #TadaburAl-Quran

No comments:

Post a Comment