26 September 2014

Cordoba: City Of Dream

Setelah makkah, banyak yang menjadikan kota Paris sebagai city of dream. Kemegahan dan keindahan Eiffel memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Maka tak heran Paris menjadi salah satu destinasi yang paling diminati dunia. Terlepas dari keindahan Paris, saya justeru memiliki city of dream lain. Kota tersebut terletak di bagian selatan Spanyol.
"Keistimewaan kota ini lebih hebat dari kalimat-kalimat orang yang menjelaskannya." -Begitu ungkapan Ibnu Al Wardi tentang Cordoba
Cordoba adalah salah satu mimpi saya. Meski entah kapan saya bisa mengunjunginya, semoga suatu saat saya bisa menginjakan kaki di tanah peradaban umat islam ini. Bantu aamiin-kan ya :D

Mangutip dari perkataan Abu al-Hasan al-Bassam tentang Kota Cordoba. Ia mengatakan, "Cordoba merupakan akhir dari segala tujuan, markas negara, ibu kota, tempat orang-orang penting dan bertakwa, negeri orang-orang berilmu lagi pandai, jantung kawasan Andalusia, sumber yang memancarkan ilmu-ilmu, kubah Islam, tempat para imam, negeri yang dituju oleh orang-orang pintar dan para pelajar, dan lautan mutiara sumber inspirasi. Dari ufuknya muncul bintang-bintang dunia, tokoh-tokoh zaman, dan para sastrawan. Alasan mereka diutamakan daripada selainnya baik dulu maupun sekarang adalah karena Kota Cordoba merupakan tempat para peneliti dan ilmuwan segala bidang dan para sastrawan. Secara umum, kebanyakan penduduk negeri ini, adalah orang-orang Arab terhormat dari kawasan Timur yang menaklukkannya. Keturunan mereka menetap di sana dan mewarisi tardisi-tardisi pendahulu mereka. Sehingga tidak ada satu daerah pun di kota ini sepi dari penulis yang mahir dan penyair ulung." (adz-Dzakirah fi Mahasin Ahl al-Jazirah, 1:33).
 
Source click here
Tapi sedihnya, masjid Cordoba telah diubah menjadi katedral sejak jatuhnya Andalusia dari tangan kaum muslimin. Masjid ini kemudian berada di bawah kontrol gereja, walaupun namanya tetap diabadikan. Menaranya yang tinggi menjulang dan megah telah berubah menjadi tempat lonceng kebaktian gereja untuk menyembunyikan karakter Islamnya. Adapun dinding-dindingnya masih dipenuhi dengan ukiran ayat-ayat Alquran yang mencitrakan daya artistik yang tinggi. Masjid ini sekarang menjadi salah satu bagian dari tempat sejarah yang paling masyhur di dunia.

Sebenarnya Kota Cordoba bukanlah satu-satunya yang berperan seperti itu. Jika kita berbicara tentang Baghdad, Damaskus, Kairo, Bashrah, dan kota-kota Islam lainnya, maka kita akan menemukan hal yang sama menakjubkannya atau mungkin lebih menakjubkan lagi.

Ahh.. Saya memang tidak tahu banyak tentang Cordoba. Saya hanya bisa membayangkannya melalui kisah dan cerita orang-orang yang sudah lebih dulu berangkat kesana. Bagaimanapun Cordoba adalah mimpi, yang mampu menaklukan keindahan Eiffel di mata saya :")

6 comments:

  1. berawal dari mimpi... insha Allah sampai di Cordoba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, semuanya berawal dari mimpi ya Mak.
      Aamiin allahumma aamiin..

      Delete
  2. Mimpi akupun sama Mbak... Pengen ke sana juga... InsyaAllah mimpi kita itu bisa terwujud nantinya... Pengennya sih umrah plus biar bisa sampai di Cordoba... Kalo saat ini aku hanya bisa membaca tulisan2 mengenai Cordoba dan kisah2 kejayaan Islam yang pernah berjaya di sana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga suatu saat kita bisa kesana ya Mak, gak hanya tau Cordoba dari cerita2.. Insyaa Allah lewat manapun jalannya..

      Delete
  3. Kita sama-sama berdoa mba, seperti sebuah mimpi menginjakkan kaki disana. Tapi tak ada yang tidak mungkin. Semoga Allloh mengabulkan keinginannya pergi ke Cordoba ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, gak ada yang gak mungkin ya Mba kalau Allah berkehendak :)

      Delete