9 December 2012

Ada Apa Dengan Masalah?

Assalamu'alaikum wr wb.
Pagi ini, saya ingin sedikit berbagi tentang "masalah". Pagi-pagi sudah berbagi masalah? Jangan salah, karena masalah yang bisa membuat kita jadi manusia yang sholih/solihah atau malah jadi manusia yang salah.

Di belahan bumi manapun, pasti tidak ada yang tidak pernah mempunyai masalah. Kalaupun ada yang nyaris tidak pernah punya masalah, mungkin karena orang tersebut terlalu cuek dan tidak pernah mau mengambil ibrah (pelajaran) dari masalah yang ada.

Mengapa masalah itu timbul? Masalah timbul karena pikiran kita yang menginginkan masalah itu timbul.
Contoh kecilnya kalau kita diperjalanan menuju sekolah/kampus/kantor, setiap pagi kita melewati jalan yang sama, jauh-jauh sebelum kita berangkat, pikiran kita yang mengatur perjalanan itu. "Ah di daerah ini pasti macet, nanti telat ke sekolah/kampus/kantor, dapat hukuman, terus gini, terus gitu, dan sebagainya". Alam akan menyerap energi negatif dari pikiran kita dan akhirnya masalah itu terjadi. Jadi, harus selalu berpikir positif.

Masalah hadir tidak selalu bersamaan dengan sebab-sebabnya, terkadang kita juga tidak pernah mengerti mengapa masalah itu tiba-tiba hadir begitu saja tanpa permisi. Masalah adalah salah satu alat yang dijadikan Allah untuk menguji keimanan kita. Tanpa masalah hidup kita terasa datar-datar saja.

Ada juga tipe masalah yang tidak kunjung selesai, banyak faktor yang membuat itu jadi tidak kunjung selesai. Kita seringkali menyalahkan orang lain sebagai salah satu faktornya.

"Tidak semua masalah adalah ujian, karena ujian bisa saja bersumber dari dosa-dosa yang belum sempat kita mentaubatinya". - Tia Yusnita

Coba tuliskan semua masalah yang pernah kita hadapi, pasti tidak cukup hanya satu atau dua lembar saja. Bisa dijilidkan menjadi sebuah makalah, karena terlalu banyaknya maslalah yang pernah singgah di kehidupan kita. Tuliskan juga semua kesalahan atau dosa yang pernah kita perbuat. Mungin lebih banyak dari daftar masalah yang sudah kita tulis. Terakhir, tuliskan semua kebaikan atau amalan sholih yang pernah kita perbuat. Apakah lebih banyak dari daftar masalah dan kesalahan kita?

Kita akan tahu sendiri jawabannya setelah kita membuat daftar-daftar diatas. Bagaimana mungkin masalah tidak timbul sedangkan dosa atau kesalahan yang kita perbuat masih menggunung. Jadi masalah itu hadir karena diri kita yang menginginkannya. Tak kunjung memperbaiki diri yang menjadi sebab-sebab masalah itu terus hadir dan hadir lagi.

Semoga menjadi sedikit pengingat di Ahad pagi ini, khususnya bagi saya yang masih belajar untuk terus memperbaiki diri.

No comments:

Post a Comment