5 November 2012

Ga Perlu Terlalu Serius Bacanya. Hanya Ingin Berbagi Cerita.


            Ini hanya sebuah cerita yang tiba-tiba saja ingin dituangkan. Pihak-pihak yang terlibat dalam cerita ini bukan nama-nama yang disamarkan, tetapi kebenaran :p Ga perlu terlalu serius bacanya, hanya ingin berbagi cerita. Cekidot!
            Menginjak satu minggu setelah prakerin (Praktek Kerja Industri) rasanya itu nano-nano, manis asem asin ramai rasanya! Ga biasa dengan kondisi yang seperti sekarang.
            Aku, Sinta, Ajeng, yang awalnya udah fix prakerin bareng-bareng di LPMM ITB ternyata harus menelan pil pahit (masa sih…?). Allah punya rencana lain yang akhirnya memisahkan kita bertiga (syedih :nangis), aku sama sinta di bandung dan ajeng di tangerang. Ini pasti yang terbaik.
            Ga pernah kepirikan prakerin di tempat ini, karna prosesnya pun sangat mendadak. Hari ahad di tawarin Teh Eva, hari rabu nya disuruh ke kantor. Alhasil, bolak-balik hubin buat ngurusin surat pengantar. Alhamdulillah, Allah kasih kemudahan.
            Karena ga tau tempatnya, akhirnya dianter Bapak.
“Alamatnya dimana Teh?”, kata Bapak.
“Jalan Soekarno-Hatta No. 550, patokannya Carefour”, menyampaikan kembali sms Teh Eva.
Sepanjang jalan nyari gedung yang bernomorkan 550. Ga ketemu-ketemu. Udah lewat Leuwi Panjang, Muhammad Toha, Buah Batu, belum ketemu juga. Setelah satu jam perjalanan menggunakan sepeda motor, ketemu juga –Carefour nya- bukan kantornya ya. Jadi kantornya sebelah mana ini? Sms Teh Eva lagi.
“Gedungnya sebelah kantor SmartFren, warna merah abu, tulisannya Insan Mulia Building”, menerjemahkan lagi sms ini.
Akhirnya ketemu juga gedung berwarna merah abu bertuliskan Insan Mulia Buliding, Jalan Soekarno Hatta No. 550, tapiii……… ga bisa langsung belok ke kantornya, harus muter balik karena pake pembatas jalan. Muter baliknya lumayan jauh, huh semangat!
Hal pertama yang dilakukan saat sampe disana, nanya ke stapam yang jaga di depan kantor dan disuruh nunggu di ruang tamu. Akhirnya di jemput Teh Eva diruang tamu dan dianterin ke kantornya. Selanjutnya –semacam- interview sama Teh Anggia, dan keputusannya mulai prakerin hari Senin depan.
25 Juni 2012, hari pertama prakerin mendahului teman-teman yang lain. Naik kendaraan umum karena ga ada SIM kalo pake motor. Berangkat jam 06.00 karena masuk kantor jam 08.00. Dua jam perjalanan menuju kantor (udah kaya setengah perjalanan Bandung-Jakarta). Bismillah :)
Disambut baik sama karyawan-karyawan disana. Pukul 08.00 semua karyawan merapat ke ruangan utama untuk melaksanakan IP atau Inspirasi Pagi. Kegiatan apa sih ini? Inspirasi Pagi adalah kegiatan rutin yang dilakukan sebelum memulai aktivitas di kantor. Rangkaian acaranya pembukaan, tilawah, pengumuman informasi atau kabar baik/buruk, materi, do’a, penutup. Inspirasi Pagi juga selalu diselingi Salam Super Perubahan di awal acara serta pengucapan Visi Misi Perusahaan dan Salam Budaya Kerja di akhir acara. Hari itu juga ada yang prakerin dari SMK lain. Nissa sama Rega dari SMK PU dan Gilang dari SMK BPI. Mereka bertiga masih kelas 3 SMK, hemmm jadi peserta prakerin paling tua karena udah kelas 4.
Citra Niaga Teknologi atau orang-orang disana biasa sebut CiNTe, jadi tempat peraduan prkerin selama 4 bulan. Di CiNTe ter-CiNTa, pengalaman yang luar biasa, yang ga pernah bisa tergantikan oleh apapun.
Aku ditempatkan diruang teknisi sama peserta prakerin yang lain dan sebangku sama Nissa, siswi kelas 3 SMK yang supel dan suka banget baca komik. Sebelumnya diruangan ini dihuni oleh 5 orang, Pa Riki, Pa Dandi, Kang Ahmad, Kang Krisna, Kang Alex. Ditambah 4 orang peserta prakerin jadi 9 orang. Ya, cukup sesak. Hehehe :p
Satu minggu disana, terjadi perubahan posisi duduk karyawan, -katanya untuk ganti suasana aja biar ga jenuh-. Akhirnya aktivitas kantor terhenti dari jam 3 sampe jam setengah 6 sore karena semua karyawan sibuk menata posisi baru mereka. Lelahnya terbayar karena minum es kelapa bareng-bareng setelah beres-beres.
Dua minggu disana, terjadi perubahan lagi. Bukan posisi duduk lagi ya, tapi perubahan jadwal kegiatan dan program-program baru. Kalau sebelumnya Inspirasi Pagi hanya dilaksanakan di entitas masing-masing, sekarang digabung sama entitas lain. Jadi gini, di Insan Mulia Building itu ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang yang berbeda. Jadi, setiap hari senin dan jum’at IP nya digabung dan dilaksanakan di halaman utama perusahaan (outdoor gitu ceritanya). Hari selasa ada program tahsin dan tahfidz, hari rabu dan kamis IP di entitas masing-masing.
Paling ga mau kalo ketinggalan IP. Materi-materinya luar biasa banget. Dari mulai pengetahuan umum, binis, sejarah-sejarah islam, shirah para Nabi dan para sahabat Nabi, tokoh-tokoh luar biasa dunia, sampe kadang-kadang membahas yang berhubungan dengan pernikahan :| Dengan pembicara yang luar biasa juga tentunya.
Paling ga mau juga ketinggalan tahsin. Aku sama Nissa jadi peserta paling muda di halaqoh tahsin. Hehehe :p Musyrifah kita namanya Teh Wulan, cantik tilawahnya bagus dan sabar banget ngajarin kita semua. Dan setiap jum’at, kalau ikhwannya pada jum’atan akhwatnya belajar tahsin, tapi khusus akhwat-akhwat CiNTe aja. Jadi dalam 1 pekan tahsinnya 2 kali, asyik pokoknya. Free! Hehehe :p
Ngoding, DFD, ERD, bukan hal yang aneh lagi disini. Banyak belajar gimana cara bikin DFD dan ERD yang baik dan ngoding pake framework. Ah~ Rindu!
Banyak hal yang bakal DI-RINDU-KAN dari CiNTe :)
Pertama, bakal kangen sama Jalan Soekarno-Hatta, yang setiap pagi dilewatin. Banyak kejadian-kejadian seru kalo lagi dijalan, bertemu dengan orang-orang berbeda, dan ga jarang dapet ilmu yang aku ga pernah sadar. Dibanding naik motor, lebih baik naik kendaraan umum. Bisa sambil baca buku, muroja’ah, apalagi dengan perjalanan yang cukup panjang.
Kedua, bakal kangen disebrangin satpam setiap pagi. Karena jalan yang lebar dan kendaraan yang ngebut-ngebut. Makasih banyak ya pak, udah mau bantuin nyebrang setiap pagi. Hehehe :p
Ketiga, bakal kangen banget sama Nissaaaaaaa :’) Temen sebangku selama 3 bulan. Akhwat yang punya nama lengkap Choeron Nissa Aulia Rochim ini kalo udah males dan ngantuk, pasti baca komik online dan ngaskus. Jadi inget waktu kamu salah ngirim YM Nis, hahaha :)) Itu ngakak banget! Oh iya aku lupa cariin link komik yang baru terbit, nanti deh insyaAllah. Kangen cerita-cerita geje yang bikin ribut ruang teknisi. Makasih juga udah bantuin bikin cover buku, kebetulan kamu suka desain jadi aku minta bantu kamu. Hehehe :p Maaf kalo aku banyak salah ya Nis, makasih udah mau jadi temen yang baik banget selama disana. Oh iya semangat Ujian Nasionalnya ya :) Semoga sukses dan dapet nilai yang terbaik. Semoga bisa ketemu lagi ya :)
Keempat, bakal kangen sama orang-orang di ruang teknisi. Kang Ahmad yang gokil dan selalu ngasih better gratis. Kang Krisna yang kalem dan selalu bagi-bagi makanan gratis. Kang Alex yang capruk dan selalu bikin rame ruangan. Trio teknisi yang selalu jalan-jalan dan jarang ada di ruangan. Trio teknisi yang udah aku anggep sebagai kakak sendiri. Pa Riki yang jago mengatasi masalah jaringan, yang ngurusin server dan segala yang barbau jaringan. Pasti kangen juga sama lagu Agnes Monica dan Ceng Zam Zam yang selalu diputer Pa Riki. Pasti full music kalo ada Pa Riki. Hehehe :p
Kelima, bakal kangen akhwat-akhwat luar biasa.
Teh Eva, yang udah bantuin tia untuk prakerin di CiNTe dan udah bantuin semuanya. Makasih banyak teteh :)
Teh Gia, pembimbing yang baik, gokil dan pinter banget masalah peng-kodingan. Bersyukur dapet pembimbing kayak Teh Gia.
Teh Dina, teteh cantik asli Aceh. Yang selalu ngajakin bareng pergi dan pulang kantor kalo bawa mobil. Karna kebetulan rumah teteh yang deket sama tia, hehehe :p
Teh Erlin, teteh yang bijaksana dan ke-ibuan. Gemes banget sama anaknya yang suka dibawa ke kantor.
Teh Nia, teteh cantik asli Aceh juga. Teteh yang dengan sabar ngajarin kita kalo tahsin hari jum’at. Selalu terngiang-ngiang suara merdunya Teh Nia kalo lagi tilawah. Subhanallah :) Selalu inget PR dari teteh, belajar huruf “ja”. Kalo lagi belajar makhorijul huruf selalu salah kalo ngucapin huruf “ja”, ga ngerti juga kenapa -______-
Teh Anggi yang akrab dipanggil Teh Enjie, teteh super gokil yang selalu bikin rame suasana, apalagi kalo udah gabung sama Teh Gia. Ah~ ngefans sama teteh :D
Teh Astri, teteh yang berwibawa, kalem, dan suka banget lagu-lagu barat.
Teh Wiluk, teteh yang ke-ibuan banget. Logat jawanya yang bikin kangen sama teteh.
Teh Lilis, teteh yang lucu dan lembut kalo lagi bicara. Teteh spesialis database yang mengatasi masalah per-database-an.
Sembilan akhwat yang udah tia anggap sebagai kakak tia sendiri. Maaf kalau tia banyak salah ya, terimakasih untuk semuanya.
Keenam, bakal kangen kegiatan rutin bapak-bapak bada dzuhur. Main PES. Hahaha :D Ga ikut main juga sih, hanya ngeliatin bapak-bapak yang seru dan gokil banget kalo udah main PES. Stik-stik PS yang berjajar lebih dari lima itu yang dijadikan senjata terpenting kalo lagi istirahat bada dzuhur. Apalagi kalo udah ada Pa Ipeh sama Pa Dani. Udah paling seru banget, dan bikin ketawa-ketawa sendiri.
Ketujuh, suasana Ramadhan di CiNTe. Karna kebetulan waktu Ramadhan lagi prakerin. Keputrian setiap hari jum’at bareng akhwat-akhwat dari entitas lain, murokaz khataman 30 juz setiap hari rabu bareng seluru karyawan di Insan Mulia Building. Buka bersama bareng akhwat-akhwat CiNTe di WS. Ah~ Ramadhan yang sangat berkesan.
Kedelapan, bakal kangen banget sama Ichaaaaaaaaa dan Zahraaaaaaaaaaaaaa :’) Anak-anak kecil yang lucu-lucu banget di Day Care. Yang selalu ketemu kalo setiap mau sholat. Icha pasti udah bisa jalan ya sekarang :) Zahra juga jangan galak-galak sama Icha ya, hehehe :D
Kesembilan, bakal kangen banget belajar Bahasa Inggris. Program baru yang muncul saat aku tinggal beberapa minggu lagi disini. Hiks hiks… :'(. Belajar Bahasa Inggris setiap hari Rabu pagi yang pernah bikin aku, Eka, dan Irfan speechless karana belajar tenses yang super kilat. Oh iya, sempet bareng-bareng Eka dan Irfan juga disini selama satu bulan :) Seru pokoknya. It’s Amazing! Ini Luar Biasa! Jargon yang selalu diucapkan setiap kali mau mulai belajar Bahasa Inggris.
Kesepuluh, bakal kangen banget sama Wifi kantor. Hehehe :P
Kesebelas, bakal kangen banget sama moment-moment di CiNTe. Ngerujak bareng, ngeliwet bareng, Nge-eskrim bareng, dan lain sebagainya.
Ke-sekian-sekian-sekian, yang ga bisa disebutkan satu persatu.
Pengalaman prakerin selama 4 bulan yang sangat luar biasa yang ga bisa tergantikan oleh apapun. Bersyukur pernah jadi salah satu bagian dari keluarga CiNTe. Syukron jazakumullah buat semua pihak yang udah membantu dan membimbing tia selama prakerin, semoga kebaikannya dibalas oleh Allah. Afwan jiddan atas segala kesalahan baik tutur kata atau tingkah laku yang kurang berkenan yang pernah tia lakukan.
Ya, Allah memang punya rencana yang lebih indah dibandingkan dengan rencana manusia. Tak ada kejadian yang tak memiliki hikmah. Allah selalu memilihkan jalan yang terbaik untuk kita. Banyak bersyukur, itu kuncinya :)

Ini cerita prakerinku, apa ceritamu? :)

No comments:

Post a Comment