26 September 2012

Menjadi Pendengar Yang Baik

Sesuatu yang membahagiakan ketika bisa memberikan dan menjadi solusi untuk orang lain. Disaat banyak orang yang mencurahkan isi hatinya sama kita, itu artinya mereka percaya. Menjadi pendengar yang baik sungguh menyenangkan, mendapatkan banyak kisah, ilmu, dan pengalaman orang lain.

Dari mereka aku belajar banyak hal.
Dari mereka aku banyak memutar otak.
Dari mereka aku memaksakan diri untuk berpikir lebih bijaksana.
Dari mereka aku belajar tersenyum dan menutupi semua masalahku.
Dari mereka aku dituntut untuk memecahkan masalah dan memberikan solusi untuk mereka.
Dari mereka aku belajar mengolah emosi.
Dari mereka aku belajar tegar, tenang, dan dewasa.

Karena itu, aku dituntut lebih banyak membaca. Membaca buku, membaca keadaan, membaca kondisi, bahkan membaca suasana hati orang lain. Sepintas kegiatan ini biasa-biasa saja, tapi ini menyenangkan bagiku. Menjadi pendengar yang baik adalah sesuatu yang jarang orang menyukainya. Orang lebih banyak suka bercerita dibandingkan mendengarkan, padahal feedback nya lebih banyak kalau kita menjadi pendengar. Padahal aku bukan lahir dari keluarga psikolog. Atau aku berniat untuk melanjutkan pendidikan di dunia psikolog, samasekali tidak.

Ada suatu kasus juga yang terkadang membuat aku stress sendiri, menghadapi masalah orang lain yang begitu 'ngejelimet'. Terkadang juga kalau masalah itu tidak bisa aku pecahkan, aku hanya bilang, "Serahkan kembali saja pada Pemberi Masalah, Yang Memberi Masalah pasti punya solusinya :)." Ya kembalikan lagi saja pada Allah, Allah Maha Mengetahui.

Tapi hal ini juga yang kadang membuatku bingung sendiri. Mengapa aku bisa memberikan solusi dan menjadi solusi untuk orang lain, tapi jarang untuk diriku sendiri? Aku juga membutuhkan tempat untuk mencurahkan isi hatiku. Aku juga hanya manusia yang tidak bisa memendam segalanya sendirian. Dibalik senyum dan solusi yang kerap kali aku berikan kepada orang lain, mungkin aku memiliki rintih dan masalah yang ingin sekali aku curahkan.

Sudah lah, tidak penting juga orang lain mengetahui apa yang tengah aku alami atau masalah apa yang sedang aku hadapi. Lewat menulis aku bisa mnecurahkan semuanya. Aku punya Allah, yang mau kapan dan dimana pun aku curhat kepada-Nya, Ia selalu ada. Aku punya Allah, yang selalu memberikan aku solusi lewat ayat-ayatNya. Dan ilmu-ilmuNya yang bertebaran dimuka bumi :)

No comments:

Post a Comment