9 December 2011

Strategi paling baik saat ulangan :)


Assalamu'alaikum sahabat-sahabat..
Wah udah lama ya ana ga nulis di blog ini. Untuk postingan kali ini, InsyaAllah ana mau sedikit share tentang sesuatu yang lagi ana hadapi sekarang yaitu "Ulangan Umum"..

Mendengar kata ulangan umum atau ulum, mungkin sebagian menganggap biasa saja, dan ada sebagian lagi yang menganggap ulum adalah sesuatu yang menakutkan. pikiran pertama kita adalah, kita bakal duduk di ruang berapa? sebelah mana? sama siapa? dan yang pasti pengawasnya siapa?
Belum lagi kalau kita tau duduk dekat pengawas, wah rasanya seperti jatuh dari gedung lantai 9 (haha lebay :p)..
Sontak kita langsung memikirkan strategi yang tepat untuk open book, nanya sama temen, dan lain sebagainya.
Selain itu, sebelum ulangan kita udah janjian sama temen-temen untuk memebentuk tim yang solid dalam mengerjakan soal ulangan umum. Biasanya sih yang pinter-pinter dijadikan server otak oleh teman-teman yang lain.

Hal-hal seperti itu yang malah seringkali kita lakukan saat akan menjalani ulangan umum. Dan sebenarnya semua itu adalah perbuatan yang tidak baik, karena secara tidak langsung kita telah membohongi diri kita sendiri. Kita tidak akan mengetahui sejauh mana kemampuan kita selama kita belajar.
Meminta jawaban teman, menyamakan jawaban sama teman, atau memberi tahu jawaban kepada teman. Itu samasekali tidak menguntungkan untuk diri kita. belum lagi kalau ketahuan pengawas, wah bisa mati kita ! hehe

Selain tidak menguntungkan sama sekali, sahabat-sahabat semuanya, Allah swt berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 281 yang artinya "Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan)."
Dari ayat tersebut sudah jelas, semua perbuatan yang kita lakukan di dunia akan dipertanggungjwabkan di akhirat kelak. Teman tidak bisa membela kita, begitupun sebaliknya.
Begitu pula dengan anggota tubuh ini, mata kita dipakai untuk mencontek, mulut kita dipakai untuk bertanya jawaban saat ulangan, maka pertanggungjawabannya ada pada diri kita masing-masing.

Nah, masih mau mencontek atau kerjasama sama teman saat ulangan?
Lebih baik jauh dari teman, atau jauh dari rahmat Allah yang telah menciptakan kita?
Hidup ini memang butuh pilihan, kembali pada diri kita masing-masing.
Masa sih kita mau dapet nilai hasil kerja orang lain? Kita harus percaya diri sama jawaban kita sendiri.

Maka dari itu strategi paling jitu adalah kita harus mempersiapkan sebaik-baiknya, dari mulai materi, kesehatan, dan mental pastinya. Ga peduli kita duduk dimana dan di depan pengawas sekalipun, kalau persiapan kita udah mantap, sesulit apapun kita pasti bisa melaluinya. Yang terpenting dan paling penting bahkan nomor satu, jangan lupa berdo'a kepada Allah swt. Minta tolongnya sama Allah aja yaa :)

Selamat berjuang teman-teman !! Semangat untuk ujiannya yaa :)
Berusaha untuk mendapatkan yang terbaik. Hasilnya kembali lagi pada usaha kita :)
Jangan pernah mengeluh dan tetap bersandar sama Allah swt..

Wallahua'lam..

No comments:

Post a Comment